headline mata hatiku

28 December 2008

dialog seputar trinitas (pengantar)



KATA PENGANTAR

Pertama-tama, segala puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT. Atas taufiq dan hidayahNya sehingga tulisan ini dapat hadir kehadapan para saudaraku Muslim.

Dalam beberapa perjumpaan dan percakapan kami dengan saudara sesama Muslim, terlontar kekhawatiran mereka atas maraknya buku-buku dan selebaran Kristen yang seharusnya khusus untuk mereka, tetapi ternyata banyak yang jatuh baik disengaja maupun tidak sengaja ke tangan saudaraku Muslim.


Buku-buku dan selebaran tersebut dikemas sedemikian rupa dengan menggunakan ayat-ayat Al-Qur'an dan Hadits keluar dari konteksnya (Armstrong,1992) untuk menunjukkan seakan-akan umat Islam telah sesat dan umat Kristenlah yang benar dan selamat. Buku-buku dan selebaran tersebut kalau hanya dibaca sepintas, atau oleh mereka yang belum memahami sejarah dan ajaran Nabi Isa (Yesus), akan mudah terhanyut oleh arguman mereka.



Sudah tidak terhitung jumlahnya saudara-saudaraku Muslim yang terjebak rayuan tulisan tersebut, ditambah lagi iming-iming dan kemudahan serta fasilitas bagi mereka yang murtad.
Untuk itu dorongan saudara-saudaraku Muslim untuk menanggapi tulisan mereka yang mendis-kreditkan Islam, kami sambut dengan penuh rasa tanggung jawab. Semoga Allah SWT. Selalu membimbing hambanya yang senantiasa berupaya mengungkapkan fakta-fakta sejarah maupun hasil penelitian para pakar internasional.


Salah satu buku yang saya tanggapi dalam tulisan ini adalah "Keilahian Yesus Kristus dan Allah Tritunggal yang Esa". Buku ini merupakan kumpulan tulisan Hamran Ambrie yang diterbitkan oleh Christian Center Nehemia Jakarta.


Berikut ini kami perlihatkan beberapa pernyataan Hamran Ambrie yang mengaitkan tulisannya dengan ajaran Islam maupun umat Islam.
  1. Umat Islam apriori menolak paham Kristen.
  2. Kesulitan bagi saudara-saudara kita golongan Islam untuk memahami ajaran Kristen mengenai hubungan Allah dan Yesus.
  3. Firman itu tidak lagi disampaikan kepada Yesus berupa wahyu.
  4. Yesus adalah Allah yang nampak. Kalimat ini pasti mengagetkan perasan golongan Islam.
  5. Kesulitan pihak golongan Islam memahami hubungan Allah dengan Yesus.
  6. Orang Kristen menjadikan Yesus dan Ibunya menjadi ilah (tuhan) disamping Allah adalah tidak benar. Ajaran Kristen tidak mengajarkan demikian.
  7. Surat al-Jin : 3 digunakan oleh ulama Islam untuk menentang pengakuan orang-orang Kristen mengenai Yesus sebagai Anak Allah.
  8. Penyebab utama saudara-saudara Muslim tidak menerima Yesus sebagai Tuhan dan anak Allah disebabkab salahnya pengertian dan tidak pernah mempelajari secara wajar dan tuntas menurut Alkitab.
  9. Di peringkat Yesus sebagai Tuhan dan juru selamat inilah yang menjadi sandungan utama bagi setiap Muslim untuk menerima Yesus jadi panutan mereka.
  10. Jelas dasar pengertian mereka (Muslim) memang salah, tidak berdasarkan kebenaran yang wajar, tidak ditunjang oleh Alkitab.
  11. Karena itu penyebuatan "Muhammad Utusan Allah", sudah tidak relevan lagi, karena Yesus adalah nabi terakhir sudah menjadi batasan yang tidak boleh dilampaui lagi.
Kalau saudara-saudara Muslim tidak bereaksi untuk meluruskan pernyataan­pernyataan ini, akan mudah menjadikan dalih bahwa mereka adalah benar.Untuk itulah buku ini kami tulis dalam bentuk tanya jawab untuk memudahkan umat Islam memahami fakta-fakta sejarah dari hasil penelitian para pakar Alkitab dan sejarawan Internasional yang terangkum didalamnya.
Buku ini tidak akan mungkin sampai ketangan saudaraku Muslim tanpa dukungan, baik moril maupun materiil dari berbagai pihak.

Penulis ingin menyatakan utang budi yang tak terhingga kepada para sejarawan, pakar Alkitab dan tokoh Kristen Internasional yang dengan jujur, berani mengungkapkan kebenaran walaupun kenyataan pahit harus mereka hadapi.

Penulis juga ingin menyatakan rasa hormat terutama kepada Uskup Agung Prof. Jenkins, Pemimpin Gereja tertinggi keempat di inggris, yang tidak takut kehilangan jabatan dengan menyatakan bahwa Kebangkitan Yesus dari kubur sesungguhnya tidak pernah terjadi; John Allegro, anggota tim penerjemah Naskah Laut Mati, yang dipecat karena mengumumkan naskah yang dianggap rawan dan dapat menggoncangkan keimanan umat Kristen; Rev. Dr. Charles Francis Potter, yang membuktikan dari Naskah Laut Mati bahwa Roh Kudus sebagai oknum yang disembah, tidak dikenal di zaman Yesus; Dr. Robert W. Funk, Professor Ilmu Perjanjian Baru dari Universitas Harvard bersama 74 pakar Alkitab lainnya yang dihujat umat Kristen Amerika dan dunia karena membuktikan bahwa hanya 18 persen ucapan Yesus dalam Alkitab yang diangap asli; Dr. Barbara Thierings Guru Besar Universitas Sydney Australia yang dihujat umat Kristen Australia karena dari hasil penelitiannya selama 20 tahun terhadap Naskah Laut Mati, menemukan bahwa Yesus tidak mati di tiang salib; Prof. David Friedrich Strauss, yang dipecat seumur hidup sebagai guru besar agama Kristen, karena mengatakan bahwa Injil dalam Alkitab adalah campuran antara fakta, dongeng dan khayalan, dan masih ribuan lainnya yang tidak sempat disebutkan nama meraka satu-persatu, yang ikhlas dipecat atau dihujat umatnya hanya karena mengemukakan kenyataan yang bertentangan dengan keimanan Kristen.

Penulis yakin, tulisan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu penulis sangat mengharapkan sumbangan pikiran dan saran serta kritikan yang mengarah kepada kesempurnaan tulisan ini.

Semoga tulisan ini akan bermanfaat bagi saudarku Muslim, walaupun hanya berupa setitik embun di tengah kehausan umat akan ilmu dan informasi yang benar.

Penulis.

bila masih penasaran dengan uraian bab-bab selanjutnya dapat diunduh dari http://www.geocities.com/pakdenono/

CATATAN PENULIS:
  1. Dalam buku ini penulis menyebut Yesus yang artinya sama dengan Nabi Isa AS. Ini dimaksudkan untuk menghindari kesan seakan-akan kedua istilah tersebut berbeda.
  2. Pengertian kata Tuhan dalam tulisan ini adalah pencipta, penguasa, dan pemelihara alam semesta sebagaimana yang di pahami umat Islam. Pengertian kata Tuhan dalam Alkitab maupun Gereja disesuaiakan dengan apa yang dimaksud dalam ayat Alkitab tersebut.
  3. Pengertian kata Gereja dalam tulisan ini adalah Otoritas Kristen yang berhak mengeluarkan pernyataan.
  4. Dalam mengutip pendapat para tokoh Kristen, pakar Alkitab maupun sejarawan internasional, penulis menganut metoda terjemahan Al­Qur'an dengan mencantumkan pernyataan yang di kutip dalam bahasa inggris untuk menjaga keasliannya, kemudian disusul dengan terjemahan kedalam bahasa Indonesia oleh penulis. Oleh karena itu kalau kemampuan penulis dirasakan terbatas dalam menerjemahkan pernyataan mereka, pembaca yang memiliki pengetahuan dan wawasan yang lebih luas dapat memberikan saran perbaikan terjemahannya.
  5. Al-Qur'an berbahasa Indonesia yang digunakan dalam tulis adalah Al­Qur'an dan Terjemahnya, terbitan Mujamma' Khadim al-Haramain al­Mushaf asy-Syarif, Madinah Almunawwarah. Dalam tulisan ini ada kalanya penulis menggunakan kata Kristus untuk Almasih yang artinya sama saja.
  6. Sedangkan Alkitab berbahasa Indonesia yang digunakan dalam tulisan ini adalah Alkitab terbitan Lembaga Alkitab Indonesia,Jakarta,1994.

0 comments:

Post a Comment

Sampaikan pesan dengan baik. Anda sopan, saya segan. Yang sudi berkomentar di sini, semoga Allah membalas kebaikan Anda. Matur nuwun.

sponsored by

Daftar ke PayPal dan langsung menerima pembayaran kartu kredit.

  ©diotak-atik oleh -- Mas 'NUZ.