headline mata hatiku

27 April 2009

1.600 dosen disiapkan menjadi pelatih

Senin, 27 April 2009 | 03:36 WIB

Jakarta, Kompas - Sekitar 1.600 dosen disiapkan untuk menjadi pelatih kewirausahaan di perguruan tinggi negeri dan swasta. Pelatihan ini untuk mempercepat program kewirausahaan di perguruan tinggi.

"Pelatihan kewirausahaan untuk dosen bukan hanya di dalam negeri, tetapi juga terbuka peluang berlatih di luar negeri," kata Hendarman, Direktur Kelembagaan Ditjen Pendidikan Tinggi Depdiknas di sela-sela acara Pelayaran Kebangsaan bagi Ilmuwan Muda di Jakarta, Jumat (24/4).

Sebanyak sepuluh dosen dari ribuan yang dilatih akan diseleksi untuk menjalani pendidikan kewirausahaan selama enam bulan di Amerika Serikat yang disponsori Kauffman Foundation serta dapat dukungan juga dari sejumlah badan usaha milik negara (BUMN) lewat program tanggung jawab sosial perusahaan.

Pemerintah mengalokasikan dana untuk pendidikan kewirausahaan Rp 1 miliar bagi 12 kopertis dan masing-masing Rp 500 juta untuk 26 politeknik negeri. Adapun enam universitas yang masuk universitas kelas dunia, seperti Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Diponegoro, mendapat anggaran masing-masing Rp 2 miliar.

Secara terpisah, pengusaha Ciputra menekankan pentingnya pelatihan kewirausahaan bagi pelajar sejak taman kanak-kanak hingga mahasiswa di perguruan tinggi, tentu dengan materi yang berbeda. (ELN)

dari: nusantara indonesia

0 comments:

Post a Comment

Sampaikan pesan dengan baik. Anda sopan, saya segan. Yang sudi berkomentar di sini, semoga Allah membalas kebaikan Anda. Matur nuwun.

sponsored by

Daftar ke PayPal dan langsung menerima pembayaran kartu kredit.

  ©diotak-atik oleh -- Mas 'NUZ.