headline mata hatiku

02 January 2009

tarbiyah untuk anak ke-1


yang dilarang dan dibenci dalam salam


oleh: abu_fiyya

diantara yang harus ditegaskan pada anak adalah tentang keharaman berjabat-tangan dengan wanita yang bukan mahram. kenalkan bahwa antara laki-laki dan perempuan dilarang saling berjabat tangan kecuali di adalah mahram. maka jelaskan pula arti mahram pada anak-anak kita. larangan tentang berjabat-tangan selain dengan mahram telah dicontohkan oleh Rosululloh Saw, ketika akan dijabat-tangani oleh kaum wanita saat baiat. beliau bersabda ::sesungguhnya aku tidak berjabat dengan kaum wanita:: maksudnya selain mahram. (riwayat tirmidzi dan nasa'i, dan dishahihkan oleh albani)

tekankan pada anak kita bahwa dimakruhkan atau dibenci membenci salam kepada orang yang di wc (sedang buang hajat). katakan pada mereka, jangan memberi salam kepada orang tersebut. demikian juga sebaliknya.


kenalkan pula pada anak kita bahwa satu hal yang dibenci atau dimakruhkan adalah memberi salam dengan ucapan ::alaikumussalam::. karena di dalam hadis jabir ra. diriwayatkan. bahwasannya ia menuturkan ::aku pernah menjumpai Rosululloh saw., maka aku berkata: 'alaikassalam ya Rosululloh, Nabi menjawab: jangan kamu mengatakan 'alaikassalam.:: dalam riwayat abu daud disebutkan ::karena sesungguhnya ucapan 'alaikassalam itu adalah salam untuk orang-orang yang telah mati.:: (riwayat abu daud dan at-turmudzi, dishahihkan oleh al-albani)

ajari anak kita larangan memulai salam kepada ahlu kitab. sebab Rosululloh bersabda ::janganlah kalian terlebih dahulu memberi salam kepada orang-orang yahudi dan nasrani..:: (riwayat muslim)
bila mereka yang memberi salam. maka kita jawab dengan ucapan ::wa'alaikum.:: saja. karena sabda Rosululloh ::apabila ahlu kitab memberi salam kepada kamu, maka jawablah: wa'alaikum.:: (muttafaq'alaih)

demikian abu dan ummu sekalian, beberapa hal yang mesti kita ajarkan pada anak-anak kita terkait dengan adab dan etika salam. semoga anak kita tumbuh menjadi generasi yang senantiasa berada di atas manhaj yang haq. wallahu'alam.

::disunting dari majalah-nikah

0 comments:

Post a Comment

Sampaikan pesan dengan baik. Anda sopan, saya segan. Yang sudi berkomentar di sini, semoga Allah membalas kebaikan Anda. Matur nuwun.

sponsored by

Daftar ke PayPal dan langsung menerima pembayaran kartu kredit.

  ©diotak-atik oleh -- Mas 'NUZ.